Sambutan Ketua Umum Dekopin

 

Gerakan koperasi indonesia telah mengalami sejarah panjang, bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka. Setelah Indonesia merdeka, para tokoh gerakan koperasi mempunyai keinginan kuat untuk menghmpun kekuatan gerakan koperasi dalam satu wadah organisasi. keinginan ini, kemudian melahirkan Sentra Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI) sebagai salah satu keputusan penting Kongres Koperasi I, Bulan Juli 1947, yang sekarang dikenal dengan nama Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN).

Dekopin konsisten memperjuangkan aspirasi gerakan koperasi, melalui tiga kegiatan utama, yaitu advokasi, fasilitasi, dan edukasi. Untuk pengembangan koperasi dan ekonomi nasional Indonesia ke depan, Dekopin telah melansir Visi Koperasi 2045 : Koperasi Pilar Negara.

Pada 2045 kelak, tepat 100 tahun Indonesia merdeka, koperasi ditargetkan memainkan peran penting dalam berbagai sektor kehidupan, yang saling terkait dengan ekonomi.

Dalam Visi Koperasi 2045, koperasi diarahkan untuk mampur berperan aktif dalam merawat bumi dan menghemat sumber daya alam, menjamin kedaulatan/ketahanan pangan dan energi, melestarikan budaya dan kearifan lokal, menjaga kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar. Untuk mewujudkan visi dengan rentang jauh ke depan itu, Dekopin menyusun cetak biru, yang menguraikan secara detil program dan tahapan pencapaiannya.